Renungan Minggu Ini

BERTEMU TUHAN DI KALA …

Senin 23 Mei 2016
Nats: 1 Samuel 25: Dirasuki Kebodohan Kemarahan
(1) Ayat 33, 39, jelas Daud mengakui hampir saja ia bertindak bodoh dan jahat. Faktor-faktor apa yang memicu Daud hampir bertindak seperti ini?
(2) Kerusakan apa yang akan ditimbulkan dari emosi Daud ingin memusnahkan keluarga Nabal?
(3) Bijaksana apa yang anda dpt pelajari dari Abigail mengatasi emosi marah Daud?

Selasa 24 Mei 2016
Nats: 2 Samuel 11: Berlumuran Noda Dosa
(1) Apakah familiar patterns yg anda lihat bagi pencobaan dan kejatuhannya?
(2) Apa yang anda pelajari peringatan ini: 3 kali berturut-turut perbuatan salah dilakukan dan tanpa ada koreksi adalah titik kehancuran seseorang? Apa yg anda lihat dari hidup Daud di sini?
(3) Apa yang harus kita lakukan sebelum semua kesalahan dan dosa menjadi gulungan bola salju? Apa sikap kita atas teguran kepada perbuatan salah kita?

Rabu 25 Mei 2016
Nats: 2 Raja 5: 1 – 14: Sombong Sebab Berkedudukan
(1) Apa kebiasan sikap dan prilaku jika seseorang merasa mampu dan bisa karena kekayaan dan kedudukan?
(2) Naaman mengharapkan cara “supranatural” bukan “natural” hanya pergi membasuh di sungai.
(3) Seberapa inginnya Naaman sembuh? Apa yg dia harus pertaruhkan jika dia harus kelihatan bodoh untuk menerima “kekasaran” sikap nabi?

Kamis 26 Mei 2016
Nats: Ester 4: 1 – 5:8: Situasi Genting Memaksa
(1) Coba bayangkan situasi waktu itu mirip zaman Nazi.
(2) Berada pada satu situasi yg unik berarti Tuhan memiliki maksud tertentu. Mengapa banyak orang Kristen pasif dan tidak berada melakukan sesuatu dlm posisinya, padahal ia bisa?
(3) Bagaimana kalimat Mordekai di 4:13-14 menegur dan berbicara bagi kita? Bagaimana anda bertemu Tuhan di tengah situasi yang genting dan begitu berbahaya? Apa sikap yg harus anda ambil?

Jumat 27 Mei 2016
Nats: Nehemia 4: Ditengah Kebencian Orang Lain
(1) Motif yang baik dan direstui Tuhan, tidak berarti bebas hambatan. Cara-cara apa yang dipakai Sanbalat dalam menentang pembangunan tembok kota?
(2) Bagaimana sikap dan tanggapan Nehemia dalam menghadapi ketidaksenangan Sanbalat? Apa yang anda pelajari menghadapi kebencian orang kepada hal-hal yang anda lakukan?
(3) Dalam situasi ini, apa campur tangan Tuhan? Bagaimana anda melihat kehadiran dan campur tangan Tuhan di tengah situasi hidupmu yang berjalan normal tanpa supranatural intervensi-Nya?

Sabtu 28 Mei 2016
Nats: Daniel 3: Menolak untuk Menyembah Ilah lain
(1) Ada banyak ilah dalam hidup kita: kelancaran dan kesuksesan naik pangkat dan kekayaan dgn harga yang dibayar adalah kita menyepelekan iman kita.
(2) Bagaimana anda melihat kisah ini dgn perbandingan hidupmu dalam membagi waktu ibadah minggu dan kerja? Bagaimana sikapmu jika ada tawaran bagus dalam uang dan kerja, namun mengorbankan ibadah dan kepentingan imanmu?
(3) Bersiapkah anda bertemu Tuhan di tengah api tantangan dan bukan di awal Tuhan mencegah anda masuk api?