Renungan Minggu Ini

VIA DOLOROSA

Senin 21 Maret 2016
Nats: Lukas 19: 28 – 20: 18 – Yerusalem: Pulang Rumah, tapi Ditolak
(1) Apakah motif yang ingin disampaikan Yesus melalui tindakan Dia naik keledai (bandingkan Zak 9:9)? Siapakah Yesus di sini, apakah Yesus menerima semua kehormatan yang diberikan kepadaNya dalam peristiwa ini?
(2) Kerusakan dan kemunafikan apa saja yang dilakukan oleh pemimpin agama kepada pengikut2 agama dan iman kepercayaan?
(3) Para pemimpin rohani adalah “tenant” sedangkan Yesus adalah pemilik sesungguhnya. Tetapi apa yg dilakukan tenant kepada pemilik? Apa peringatan Tuhan Yesus di sini kepada kita?

Selasa 22 Maret 2016
Nats: Yohanes 13: 1 – 38 – Makan Malam Terakhir
(1) Ayat 1, Yesus akan menghadapi derita, khianat dan kematian, tetapi Ia justru memperlihatkan care-Nya dg “kasih sampai kesudahan.” Overflow love.
(2) Renungkan perikop ini, dan catatlah dalam apa dan bagaimana Yesus betul menyatakan kasih-Nya kepadamu?
(3) Mengapa murid-murid tidak peka? Mengapa Petrus tidak sanggup “keep promises?” Apa sebab kita mudah mengatakan mengasihi Yesus, tetapi mudah juga tidak melakukannya?

Rabu 23 Maret 2016
Nats: Lukas 22: 24 – 62 – Pergumulan di Taman Getsemani
(1) Menurutmu, bagaimana kira-kira para murid memberikan penilaian apa itu “yang terbesar” di antara mereka? Apa kebahayaan memakai nama pelayanan tetapi bertujuan “jadi terbesar?”
(2) Bagaimana Lukas menceritakan sengsara Yesus dalam doa Getsemani ini? Apa yang anda pelajari tentang sengsara hidup dan doa?
(3) Apa penyebab murid-murid semua lari dan menyangkali Yesus? Kekuatan rohani seperti apa yang anda perlukan jika suatu saat anda berada dalam situasi sengsara yang dahsyat seperti ini?

Kamis 24 Maret 2016
Nats: Matius 26: 47 – 68 – Pengadilan Imam Besar Kayafas
(1) Momen-momen terakhir Yesus ini, ada banyak manusia yang berinteraksi. Apa yang anda pelajari tentang hati, sikap, dan perkataan orang-orang di sini, baik itu teman maupun lawan? Jika anda pernah alami pengkhianatan juga, bagaimana anda meresponinya, apa yang anda pelajari dari Yesus?
(2) Apa saja yg anda pelajari dari pengadilan agama ini? Mengapa manusia tega bersaksi dusta?
(3) Adakah kepekaan rohani dan keberanian anda mengenali pemimpin agama pakai jubah agama secara berdosa dan bagi self-interest?

Jumat 25 Maret 2016
Nats: Yohanes 18: 28 – 19:16 – Pengadilan Romawi Pilatus
(1) Ayat 28 “jaga kesucian” secara eksternal inilah kemunafikan ketaatan pada tata cara religious tetapi tidak pada sunat hati.
(2) Apa yang dipertahankan Pilatus sampai bersedia mengorbankan Yesus?
(3) Jika Pilatus dan membela apa yang benar, resiko apa yg dialami? Apakah anda berani mengambil resiko ini dalam hidupmu?

Sabtu 26 Maret 2016
Nats: Lukas 23: 18 – 43 – Berjalan Menuju Golgota
(1) Kejahatan massal sangat brutal, mengapa?
(2) Kematian di kayu salib dibuat sedemikian rupa sebagai hukuman yang keji sebab seseorang mati tercekik secara perlahan menderita.
(3) Ayat 29, Yesus memperingatkan penghakiman Allah nantinya begitu dashyat. Hanya melalui salib inilah pengampunan dosa terjadi bagimu.