Renungan Minggu Ini

HADAPI 2016: CIA YO!

Senin 4 Januari 2016
Nats: Yeremia 20: 1 – 18: Bagai Api Membakar Dalam Hati
(1) Baca 19: 14-15. Bagaimana anda memahami sikap tegar tengkuk atas firman Tuhan? Renungkan bagaimana sikap Pashhur meresponi nubuat Yeremia di sini?
(2) Bacalah keluhan Yeremia di ay 7-18. Catatlah semua keluhan dan derita yg dialami Yeremia karena pelayanan yg setia! Apa yg anda pelajari di sini?
(3) Ayat 9, mengapa Yeremia tidak bisa berhenti melayani? Bagaimana sikap anda ketika letih dalam melaksanakan tugas hidupmu? Bagaimana anda mendapatkan kekuatan dari pengalaman Yeremia ini?

Selasa 5 Januari 2016
Nats: Yeremia 29: 1 – 19: Faithful in Daily Courses
(1) Mengapa Tuhan membuat bangsa Yehuda mengalami “exile” di Babel? Apa tujuan Allah melalui semua ini?
(2) Bagaimana sikap orang pada umumnya ketika beralih dari hidup bebas dan enak menjadi miskin dan menderita?
(3) Coba daftarkan apa saja sikap hidup yg bertanggung jawab yg Tuhan minta dari bangsa Yehuda selama di pembuangan? Mengapa Harus demikian? Mengapa kita tidak boleh hidup dalam bermimpi-mimpi untuk hidup nyaman? Bagaimana firman ini mengajar anda tentang hidup sehari-harimu?

Rabu 6 Januari 2016
Nats: Nehemia 4: 1 – 18: Ada Tantangan, Ada Jalan Keluar
(1)  Cita-cita mulia tidak selamanya berjalan mulus. Daftarkan semua cara yang dipakai oleh oposisi Sanbalat untuk menjatuhkan semangat bangsa Israel?
(2) Melihat kondisi dan situasi umat, adakah kritikan Sanbalat asal-asalan? Anda tidak bisa mencegah orang mengkritik dan melihat kelemahan anda. Yang anda harus lakukan adalah bagaimana mengatasi kelemahan dan kekurangan ini.
(3) Bagaimana mereka mengatasi tantangan dan kelemahan mereka? Apa yg anda pelajari di sini dalam menghadapi tantangan di depan hidupmu?

Kamis 7 Januari 2016
Nats: Luk 8:26 – 39; Kis 18: 24-28: Tell All What God Has Done
(1) Apa yg anda pelajari tentang kuasa dan pelayanan Yesus di sini?
(2) Ayat 39, apa yg Yesus minta darinya? Mengapa? Kualitas apa yg anda perlukan agar berani “tell all?”
(3) Apa yang anda dapatkan tentang diri Apolo di sini? Apa hasil dari gabungan semangat dan kepandaian dalam pelayanan seseorang? 

Jumat 8 Januari 2016
Nats: Yoh 4: 31 – 42; 9: 4: Ada Kesempatan, Kerjakan Segera
(1) Dari peristiwa ini, apa pikiran yg kira-kira ada dalam hati murid-murid?
(2) Bagaimana sikap wanita ini dalam pelayanan dan menggunakan kesempatan yg ada? Mengapa orang suka membuang kesempatan dan menunda-nunda?
(3) Apa yg anda pelajari tentang waktu, pelayanan, kesempatan dari ucapan Tuhan Yesus di sini? Adakah semua ini merubah cara pandangmu ttg waktu?

Sabtu 9 Januari 2016
Nats: 1 Kor 12: 12 – 31; 14:12 : Strive Excellent Gifts and Build Others
(1) Punya ambisi rohani dalam pelayanan adalah hal yg patut dipuji.
(2) Kita kejar karunia yg terbaik tapi dgn sikap yg benar. Apa motivasinya? Dan untuk apa semua ini kata firman Tuhan di sini?
(3) Dengan ilustrasi kerja tubuh, Paulus ingatkan apa bahaya minder dan sombong bagi hidup rohani dan keutuhan jemaat Tuhan di sini? Bagaimana menghindari hal ini terjadi dlm hidupmu?