Renungan Minggu Ini

Mazmur – Mazmur Air Mata

Senin 22 Juni 2015
Nats: Mazmur 13: 1 – 6: How Long, Lord?
(1) Berapa kali Daud bertanya, “How long?” di sini? Apa perasaan yang dialami oleh seseorang yang mengeluarkan seruan “how long” ini?
(2) Mengapa Daud merasa Tuhan telah meninggalkan dan tidak peduli? Adakah Tuhan melupakan kita? Bacalah Yes 49:15-16.
(3) Ayat 3, Daud meminta Tuhan memberi cahaya kepada matanya. Apa sebab kadang kita buta melihat Tuhan di tengah kegelapan derita kita? Bagaimana Daud memulihkan dan membangkitkan imannya di sini?

Selasa 23 Juni 2015
Nats: Mazmur 23: 1 – 6: Dark Valleys
(1) Baca: Kej 48:15-16, Yakub mengakui Tuhan adalah gembalanya. Renungkan perjalanan hidup Yakub, bagaimana Tuhan mengembalakan dia?
(2) Akar dari semua ketakutan adalah takut akan kematian. Bagaimana Daud menang mengatasi ketakutan akan kematian ini?
(3) Apa yg kita pelajari ttg pemeliharaan Tuhan di maz ini? Apa yg anda pelajari akan cara Tuhan memulihkan kita ketika kita jatuh terhilang?

Rabu 24 Juni 2015
Nats: Mazmur 42 dan 43: Discouragement
(1) Berapa kali pemazmur berkata, “Why are you downcast, o my soul?” Mengapa Ia kecewa? Perasaan dan sikap apa saja yg terlihat ketika seseorang kecewa?
(2) Pemazmur mengajar kita untuk menganalisa di sini apa penyebab kekecewaan rohani itu? Apa yg anda dapatkan di sini?
(3) Apa yg pemazmur ajarkan untuk kita koreksi cara berpikir? Koreksi kembali hidup doa kita? Bagaimana cara kita melihat situasi kita dgn kacamata yg benar?

Kamis 25 Juni 2015
Nats: Mazmur 51:1 – 20: My Sin
(1) Kita rasa Tuhan jauh dari kita, bukan karena Tuhan tidak peduli, melainkan kita tidak sensitif masih menyimpan dosa. Bacalah 2 Samuel 12, apa prilaku Daud dalam menyembunyikan dosanya?
(2) Perhatikan berapa kali Daud memakai kata “my” di sini? Daud tidak menyalahkan siapa-siapa.
(3) Apa yang anda pelajari dari keagungan pertobatan Daud di sini? Bagaimana anda memahami keagungan sifat Allah di sini?  

Jumat 26 Juni 2015
Nats: Mazmur 55: 1 – 23: No Escape
(1) Ketika penyakit terminal menimpa kita; menghadapi realita hidup yang tidak ada jalan keluar lagi, maka Maz 55 menjadi penghiburan bagi kita.
(2) Bagaimana perasaan anda ketika dikhianati orang yg dipercaya? Bacalah ayat 20-21, lihat juga sikap Daud di ayat 12-13?
(3) Bagaimana sikap Daud di sini ketika segala sesuatu “tidak ada jalan keluar” dan “penyakit sudah parah?”

Sabtu 27 Juni 2015
Nats: Mazmur 73: 1 – 28 : Slipping Feet
(1) Coba renungkan dalam-dalam: mengapa ‘prosperity theology” itu salah besar?.
(2) Mengapa kita sulit menerima kenyataan orang beriman malah lebih susah dan kena sakit parah? Kesalahan teologis apa yg ada dibalik pemikiran ini?
(3) Daftarkalah prinsip kebenaran yg Asaph ajarkan ttg nasib orang fasik yg “beruntung”? Ttg keadilan Tuhan? Apa berkat Tuhan yang sesungguhnya?