Renungan Minggu Ini

KHOTBAH YESUS DI ATAS BUKIT

Senin 15 Juni 2015
Nats: Matius 5: 1 – 16: Bahagia Sebagai Orang Percaya
(1) Artinya “miskin”: sungguh tidak punya apa-apa, dan tidak berdaya tanpa Allah. Itu sebab mereka akan “berduka” atas dosa-dosanya. Inilah awal bahagia Kristiani.
(2) Renungkan kembali pengalaman “joy of forgiveness” yg pernah anda alami? Adakah anda sekarang tetap “lapar” akan kebenaran? Bersedia berkorban bagi kebenaran?
(3) Apa fungsi garam dan terang zaman itu? Apakah artinya semua ini bagi panggilanmu sbg orang percaya?

Selasa 16 Juni 2015
Nats: Matius 5: 17 – 32: Inti dari Hukum Allah
(1) Yesus menyamakan otoritas-Nya dgn Hukum Taurat. Ia menekankan bahwa hukum Allah bukan soal apa yg tertulis dan terlihat, tetapi bagaimana hati dan motivasi yg tidak terlihat.
(2) Bagaimana amarah bisa “membunuh” jiwa baik subyek maupun obyek dari amarah ini? Bagaimana anda mengatasi bahaya ini?
(3) Renungkan: bagaimana proses orang bisa jatuh ke dalam nafsu? Apa maksud ucapan Yesus di sini untuk menang atas nafsu?

Rabu 17 Juni 2015
Nats: Matius 5: 33 – 48: Kesempurnaan Orang Kristen
(1) Sering kali orang Kristen memakai bahasa rohani padahal hanya kedok bagi ketidakbenaran. Sudah sinkronkah apa yg keluar dari mulut sama dgn yg di hati?|
(2) Coba pikirkan bagaimana anda bisa dgn tulus menjadi orang Kristen yg “extra” dalam hidupmu?
(3) Mengapa kita lebih mudah memberi kepada orang yg baik kepada kita? Apa sebab kita kurang sensitif untuk memberi tanpa pamrih dan meminta balas kembali? Adakah kita juga seperti ini?

Kamis 18 Juni 2015
Nats: Matius 6:1 – 18: Motivasi Ibadahmu
(1) Memberi adalah sikap rohani kpd orang lain; berdoa adalah sikap rohani kepada Allah; berpuasa adalah sikap rohani kepada diri sendiri.
(2) Apa saja motif-motif dibalik seseorang memberi?
(3) Apa yg anda pelajari dari doa Bapa kami ttg hubungan kita dgn Allah? Bagaimana anda melatih diri memiliki “puasa” sebagai sikap mengontrol diri untuk berkata “cukup?”

Jumat 19 Juni 2015
Nats: Matius 6: 19 – 34: Harta Sejati dan Kekuatiran Hidup
(1) Di sini ada 3 hal yg manusia cari bagi kenikmatan hidupnya. Coba pikirkan dalam-dalam, mengapa kenikmatan yg dihasilkan akan mengecewakan? Tapi mengapa manusia tetap saja berpikir itulah kenikmatan yg sejati?
(2) Kekuatiran seperti apa yg Yesus tidak izinkan ada dalam hidupmu? Mengapa demikian?
(3) Apa rahasia hidup menang atas kekuatiran hidup dari ayat ini?

Sabtu 20 Juni 2015
Nats: Matius 7: 1 – 29: Hidup Berbuah dan Bijak
(1) Bagian ini mengajarkan kita untuk lepas dari semangat ‘judgmental.’ Apa prinsip yg indah yg Yesus beri di sini?
(2) Ayat 7 – 14 bicara soal 2 sebab mengapa banyak orang Kristen tidak maju dlm kerohanian. Apa 2 sebab itu?
(3) Bagaimana Yesus meminta agar hidup kita berespon dgn berbuah dn berbijaksana atas semua kebenaran yg telha kita dengar?