Renungan Minggu Ini

YOUNG MEN AND THEIR LIVES

Senin 8 Juni 2015
Nats:
Lukas 15: 11 – 32: Low Living High Cost
(1) Mari kita renungkan apa kira-kira fokus dan filsafat hidup yang ada di benak anak muda ini? (2) Apa “harga” yang dibayar oleh pemuda yang hilang dari pilihan hidup seperti ini?
(3) Apakah contoh-contoh konkrit sikap hidup seperti ini yang kita temui dewasa ini? Perubahan radikal apakah yang terjadi pada pemuda ini akibat pertobatan rohani?

Selasa 9 Juni 2015
Nats: Matius 19: 16 – 30: High Living Low Cost
(1) Apa yang bernilai dikejar pemuda ini dalam hidupnya? Bagaimana tanggapan Yesus (bd. catatan Markus)?
(2) Apa yg salah dari pola pikir ini: kalau aku kaya di dunia, itu berarti diberkati Tuhan; dan kalau aku diberkati Tuhan berarti memiliki kekayaan di dunia?
(3) Mengapa Yesus berkata orang kaya susah masuk kerajaan Surga? Bagaimana sikap hidupmu selama ini dalam mengikuti Tuhan? Seberapa penuhnya anda berserah pada-Nya?

Rabu 10 Juni 2015
Nats: 
Maz 119:9-16; 2 Tim 1:1-11; 3:15: Young Man and God’s Word
(1) Pembentukan karakter takut akan Tuhan dan hidup benar bukanlah tugas sehari selesai. Apa yg anda pelajari dari hidup keluarga Timotius di sini?
(2) Coba pikirkan apa efek negatif dari hidup dalam budaya instant? Mengapa banyak orang tidak tahan untuk secara perlahan tapi konstan teratur membaca Alkitab?
(3) Bagaimana sikap anda dalam mempersiapkan pendidikan rohani bagi anak-anakmu? Adakah anda rutin membawa mereka berbakti?

Kamis 11 Juni 2015
Nats: 
1 Raja 12:1 – 11; Amsal 3:11 – 26: Youthful and Wrong Advice
(1) Pelajaran apa yg anda dpt dari bacaan ini? Dimana letak bahaya menerima nasehat “peer grup”?
(2) Mengapa anak muda tidak suka mendengar nasehat?
(3) Ayat 21 penting sekali: “preserve sound judgment and discernment.” Apa bahaya jika penilaian kita gegabah dalam ambil keputusan? Bagaimana anda mempersiapkan diri untuk peka membedakan dan menilai dengan benar?  

Jumat 12 Juni 2015
Nats:
1 Samuel 17: 20 – 39: Keberanian Hidup Dari Muda
(1) Mengapa orang tidak berani maju melangkah ketika melihat ada tantangan besar menghadang di depan?
(2) Mengapa tidak ada prajurit yg berani melawan Goliat, padahal hadiahnya besar sekali (ay 25)?
(3) Dari bacaan ini, kondisi hidup seperti apa yg melatih Daud akhirnya memiliki jiwa berani dan pantang menyerah? Apa yang Daud pelajari dari padang gurun hidupnya? Pelajaran apa yang kamu perlukan jika menghadapi “padang gurun” hidupmu?

Sabtu 13 Juni 2015
Nats:
Kejadian 39: 1 – 23: Pemuda dan Pencobaan
(1) Yusuf merangkak dari bawah hingga sukses bukan perkara mudah.  Kualitas dan karakter apa yang dimilikinya yang dapat anda pelajari untuk bisa meraih semua kesuksesan ini?
(2) Pencobaan besar yang kita alami adalah kita tidak rela melepas hasil yang telah diraih dengan susah payah. Tidak mudah menolak tawaran istri Potifar. Apa manfaat dan resiko yang mungkin ada bagi Yusuf?
(3) Apa prinsip moral yang menjadi kompas Yusuf ketika kesempatan ada dan tidak ada yang melihatnya, bahkan jauh dari orang tua dan kehormatan mereka?